SMK NEGERI 1 RAMAN UTARA

Jl. SMK Negeri, Desa Raman Endra, Raman Utara

Cerdas dan Trampil

PENERIMAAN TAMU AMBALAN

Kamis, 02 Agustus 2018 ~ Oleh Tim Jurnalis SMKN 1 Raman Utara ~ Dilihat 1015 Kali

(SMKN1 Raman Utara).Penerimaan Tamu Ambalan adalah kegiatan bagi pramuka calon penegak untuk bisa bergabung secara resmi menjadi anggota ambalan pramuka penegak itu sendiri. Sehingga Penerimaan Tamu Ambalan merupakan kegiatan kepramukaan untuk bisa menjadi anggota ambalan pramuka penegak yang bersangkutan dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif.

Situasi pagi para peserta didik baru melakukan senam bersama. Memang hingga saat  ini belum ada jenis senam yang se-lengkap SKJ 88 kala itu. "Senam ini merupakan serangkaian acara Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) yang di adakan sejak kamis, 26/07 dan di tutup sabtu, 28/07", ujar Ernawati, salah satu guru SMKN 1 Raman Utara.

Beliau menambahkan, "Mulai hari kamis para peserta didik baru diawali dengan upacara pembukaan yang dibuka oleh Kepala SMKN 1 RAMAN UTARA dengan menyematkan tanda kepada peserta sebagai bukti telah dimulainya kegiatan PTA. Setelah upacara selesai,  peserta didik baru diperkenalkan Saka Bhayangkara dibawah bimbingan Kepolisian, Saka Wira Kartika dari TNI-AD dan Saka Bhakti Husada dari Kesehatan". Para peserta PTA pada hari yang sama juga melakukan pendirian tenda sebagaimana perkemahan seperti biasanya.

Untuk melatih ketangkasan dan mental, hari selanjutnya yaitu Jumat (27-07-2018) diadakan lomba antar regu. Hal ini sangat meriah karena setiap regu memiliki Yel-Yel yang di ciptakan oleh mereka sendiri. "Bukan anak pramuka..!! kalau tidak ada jelajah alam", kata salah satu pembimbing yang dikenal dg buk Mimi.

Melalui alam inilah kita banyak belajar, mendalami arti sebuah ritme kehidupan. Kotor adalah sebuah keniscayaan, karna di balik keruhnya air dalam lumpur terdapat makna bahwa seberapa kuat kita mau belajar untuk membersihkan dari segala kebodohan dan keangkuhan yang mungkin tidak kita sadari.

Sebagai penutup malam terakhir PTA 2018 ini, seluruh peserta dan panitia menyatukan dalam lingkaran api unggun. Suara kegagahan api meletup ketika kayu terbakar. Tak sebatangpun tersisa semua lebur menjadi abu dan menyatu kembali ke tanah sebagai perwujudan rasa syukur untuk menyuburkan kembali segala tanaman yang hendak di tanam di atas bumi para Praja yang berjiwa Muda untuk terus berKarya berKarana.

Majulah terus para generasi pembelajar. Malam telah mengajarimu lewat jurig malam untuk kau tatap hari esok demi bukti sosial bhaktimu untuk Negeri.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT